M1 Social Network Analysis

Social network analysis atau analisis jaringan sosial adalah metode di mana seseorang dapat menganalisis koneksi antar individu dalam suatu kelompok, organisasi, dan lain sebagainya. Analisis jaringan social ini sangat baik untuk mendeskripsikan interaksi kompleks dan menjelaskan interkoneksi diantara entitas-entitas yang terlibat. Entitas bisa berupa orang atau manusia, benda atau bahkan hal abstrak seperti teks, gambar digital, dan lain sebagainya

Fenomena penyebaran informasi terbagi menjadi dua yaitu first media age dan second media age. First media age memiliki karakteristik terpusat (few speak to many), komunikasi satu arah, cenderung di control negara, khalayak terframentasi dan dibentuk sebagai massa, serta memengaruhi kesadaran. Sedangkan, second media age memiliki karakteristik tidak terpusat, komunikasi dua arah, menghindari control negara, demokratisasi, serta memiliki khalayak yang lebih individualis.

sumber: qwords.com

Teori Graf

Teori graf, cabang matematika yang mempelajari jaringan titik-titik (point/node) yang dihubungkan oleh garis (line/edge). Teori graf digunakan untuk mengetahui sebuah hubungan dan peran dari para aktor dalam suatu jaringan hingga dapat memperlihatkan visualisasi dalam bentuk sebuah diagram relasi serta dapat memberikan visualisasi diagram relasi dari sebuah jaringan social. Pendekatan diantara nodes dalam sebuah jaringan dapat digambarkan dengan teori graf.


Tugas SNA Jaringan Pribadi



Komentar

Postingan Populer