ANALISIS JARINGAN KOMUNIKASI PADA KOMENTAR YOUTUBE REWIND INDONESIA 2023 DENGAN MENGGUNAKAN SOCIAL NETWORK ANALYSIS

 UNIVERSITAS GUNADARMA

FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI


ANALISIS JARINGAN KOMUNIKASI PADA KOMENTAR YOUTUBE REWIND INDONESIA 2023 DENGAN MENGGUNAKAN SOCIAL NETWORK ANALYSIS

             Disusun oleh:

Nama              : Amirah Siti Khadijah

NPM               : 17823144

Jurusan            : Ilmu Komunikasi

Pembimbing   : Pipit Fitriyah, S.I.Kom., MM

 

Diajukan Guna Melengkapi Sebagian Syarat

Dalam Mencapai Gelar Sarjana Strata Satu (S1)

 

 

JAKARTA

2023

***

BAB IV

PEMBAHASAN

4.1  Analisis dan Pembahasan

Youtube Rewind adalah rekapan video viral, music, peristiwa penting, acara televisi, hingga tren sepanjang tahun. Youtube rewind diartikan pula sebagai perayaan akhir tahun rutin dengan video yang memuat tren tahunan. Youtube Rewind pertama kali diluncurkan para Youtuber pada 2010. Kala itu, video bertajuk “2010 YouTube Rewind: Year in Review” tersebut menyuguhkan 50 video yang paling popular sepanjang tahun 2010. Video ini diluncurkan lewat kanal YouTube Trends dan YouTube Spotlight.

YouTube Rewind Indonesia atau Rewind Indonesia adalah seri video asal Indonesia yang merangkum dari kejadian-kejadian yang viral di YouTube pada tahun tersebut. Rewind Indonesia dibuat untuk merayakan apa saja yang viral di YouTube Indonesia selama setahun dan merupakan ajang koloborasi bagi para konten kreator. Edisi tahunan video ini, dirilis di kanal YouTube Indonesian Creators. Rewind Indonesia tidak berafiliasi dengan Youtube atau Google sebagai perusahaan, Rewind Indonesia dibuat oleh para kreator Indonesia.

Rewind Indonesia 2023 yang di rilis pada tanggal 12 Januari 2024 melalui kanal Youtube Indonesian Creators. Rewind Indonesia 2023 dibuka dengan kasus anak pejabat yang memukuli remaja pria. Umay pemeran remaja pria dalam Rewind Indonesia 2023 merupakan sosok yang menggambarkan Indonesia tampak dipukuli oleh Israf. Saat remaja itu terbaring di rumah sakit, terdapat sebuah berita di televisi yang menyatakan Israf adalah anak pejabat yang terlibat kasus penganiayaan. Ini merupakan salah satu dari banyak hal viral yang ditampilkan Kembali di Rewind Indonesia 2023. Rewind Indonesia 2023 menuai banyak komentar positif terutama pada salah satu scene yaitu saat beberapa orang menyanyikan lagu Maju Tak Gentar ciptaan Cornel Simanjuntak.

Gambar 1. Poster Youtube Rewind 2023

Sumber: akun X @ChandraLiow

Dari Penjelasan di atas, peniliti tertarik untuk menjadikan video tersebut data yang akan dianalisis jaringan interaksi sosialnya. Peneliti menggunakan Netlytic dan software GEPHI untuk menganalisis jaringan interaksi sosial yang terbentuk dari komentar pada video Rewind Indonesia 2023.

4.2  Analisis Jaringan Komunikasi Rewind Indonesia 2023 dengan model Netlytic

Analisis jaringan komunikasi berkaitan dengan hubungan sosial menggunakan teori jaringan yang terdiri dari node dan edge. Node yang merupakan seorang individu/aktor dalam sebuah jaringan, dan edge merupakan hubungan antara node. Dalam mengetahui pola dan interaksi yang terjadi dalam sebuah jaringan, peneliti dapat merepresentasikan jaringan tersebut ke dalam graf, pada jejaring sosial youtube, setiap user akan digambarkan ke dalam sebuah node dan setiap relasi antar node divisualisasikan ke dalam sebuah edge.

Relasi seperti komentar dan like pada fitur jejaring sosial youtube dapat mempengaruhi tingkat kepopuleran tersebut. Nilai dari relasi ini dapat disebut juga dengan Sentralitas. Berdasarkan sumber data, Channel Youtube Indonesian Creators yang berjudul Rewind Indonesia 2023 akan dianalisis menggunakan metode Social Network Analysis untuk melihat aktor-aktor yang mendistribusikan informasi melalui Netlytic.

Jaringan Sosial Netlytic yang secara otomatis dapat meringkas dan menemukan jaringan komunikasi sosial yang tersedia. Pencarian distribusi informasi mengenai Channel Youtube Indonesian Creators yang berjudul Rewind Indonesia 2023 dapat dianalisis menggunakan Netlytic karena terdapat 10000 dataset yang dapat di recall oleh Netlytic, dari dataset tersebut maka menghasilkan pola jaringan seperti berikut:

Gambar 2. Visualisasi Jaringan Komunikasi Netlytic

Sumber: Olahan Data Peneliti, 2024

Jika dilihat dari banyaknya node dan edge pada gambar tersebut, aktor utama dengan kepopuleran tertinggi yaitu pada akun @jepsanrmc. Netlytic terbukti dapat memperlihatkan node atau aktor-aktor utama yang terkuat dalam mendistribusikan informasi pada jejaring sosial youtbe melalui pola jaringan.


4.2.1     Total Degree

Degree merupakan jumlah hubungan suatu node dalam hubungan terhadap node yang lainnya pada suatu network. Degree yang digunakan adalah total degree yang berarti jumlah dari indegree yang memberikan opini dan outdegree yang diberikan opini.

Gambar 3. Degree Netlytic

Sumber: Dokumentasi Peneliti, 2024 

Pada Netlytic tidak ditampilkan data degree. Namun, dari pembuatan gambar network yang didapatkan dapat diperkirakan bahwa @maulanaaja2162 memiliki degree yang tertinggi. Hal tersebut dikarenakan node nya terhubung dengan banyak node lainnya.


Gambar 4. Visualisasi Jaringan Komunikasi Netlytic

Sumber: Olahan Data Peneliti, 2024

Pada gambar di atas bahwa keberadaan @jepsanrmc pada data di aplikasi Netlytic terbukti bahwa aktor tersebut merupakan aktor penting dalam pendistribusian informasi dari Channel Youtube Indonesian Creators yang berjudul Rewind Indonesia 2023.

4.2.2     Cluster

Cluster adalah sekelompok node terhubung padat yang lebih mungkin untuk berkomunikasi satu sama lain daripada node di luar cluster.

Gambar 5. Pengelompokkan Cluster pada Netlytic

Sumber: Dokumentasi Peneliti, 2024

Netlytic mengklusterkan dari Channel Youtube Indonesian Creators yang berjudul Rewind Indonesia 2023 menjadi 5 cluster. Node seseorang dalam cluster dengan warna yang sama.

Cluster 1 @muh.diannazarudin



Cluster 2 @jepsanrmc



Cluster 3 @ahmad.herman.cornelius



Cluster 4 @rtpapatnet8097



Cluster 5 @susu.kambing.jantan.1178



Other



Gambar 6. Pola masing-masing Cluster pada Netlytic

Sumber: Olahan Data Peneliti, 2024

Anggota dari Cluster 1 yaitu @muh.diannazarudin. @muh.diannazarudin merupakan orang yang sangat kuat berkomunikasi di Channel Youtube Indonesian Creators yang berjudul Rewind Indonesia 2023.

Dari cluster 1 @muh.diannazarudin terdapat 18 total degree yang berarti @muh.diannazarudin ini sangat berperan penting. Dapat disimpulkan dari total degree 10 tersebut bahwa masih ada beberapa yang setuju dan tidak setuju dengan isi video tersebut. karena faktor tersebut @muh.diannazarudin merupakan aktor terkuat yang dapat dilihat dalam pola jaringan pada Netlytic.org melalu distribusi informasi dari Channel Youtube Indonesian Creators yang berjudul Rewind Indonesia 2023.

Anggota dari Cluster 2 yaitu @jepsanrmc dengan total degree 15.  Anggota dari Cluster 3 yaitu @ahmad.herman.cornelius @ahmad.herman.cornelius merupakan pengguna media sosial youtube, di cluster 3 dengan total degree 14. Anggota dari Cluster 4 @rtpapatnet8097 dengan total degree 13. Anggota dari Cluster 5 yaitu @susu.kambing.jantan.1178 dengan total degree 9 yang merupakan pengguna media sosial Youtube Indonesian Creators yang berjudul Rewind Indonesia 2023.


4.2.3       Analisis Data Netlytic Pada Channel Youtube Indonesian Creators yang berjudul Rewind Indonesia 2023

Dalam Netlytic ditemukan awal mulainya video di upload dan mendapatkan komentar untuk dibicarakan hingga puncak topiknya seperti yang dapat dilihat pada gambar berikut:

Gambar 7. Data Post Over Time

Sumber: Olahan Data Peneliti, 2024

Dapat dilihat pada tanggal tanggal 12 Januari 2024 mulai perbincangan mengenai konten Channel Youtube Indonesian Creators yang berjudul Rewind Indonesia 2023. Lalu meningkat sampai tanggal 14 Januari 2024 dan kemudian turun pada tanggal 15 Januari 2024.

Dalam aplikasi Netylic juga terdapat daya yang banyak untuk menggunggah komen terdapat 10 akun, diantaranya ada akun @Gufron640 @jepsanrmc @dewiherlina7161 @GufronDesember @hendyadheeva666 @muh.diannazarudin @rtpapatnet8097 @susu.kambing.jantan1178 @Ahmah.Herman.Cornelius @maulanasir Berikut ini merupakan presentasi yang didapatkan dalam top 10 dalam mengunggah poster.

Gambar 8. Top Ten Poster

Sumber: Olahan Data Peneliti, 2024

Dengan hal ini mengenai degree yang merupakan jumlah hubungan dalam suatu node dengan hubungan terhadap node yang lainnya pada suatu jaringan. Degree yang digunakan adalah total degree yang berarti jumlah dari indegree (yang mengenal) dan outdegree (yang dikenal). dalam Netlytic terdapat top 10 user berdasarkan in-degree dan top 10 user berdasarkan out-degree.

Gambar 9. Top 10 In Degree

Sumber: Olahan Data Peneliti, 2024

Pada gambar di atas dapat dilihat top user In Degree yang dimana paling atas yaitu @bellaprsnt978 yang memiliki peran penting dalam pendistribusian di Channel Youtube Indonesia Creators yang berjudul Rewind Indonesia 2023.

Gambar 10. Top 10 Out Degree

Sumber: Olahan Data Peneliti, 2024

Dapat dilihat pada gambar di atas terdapat aktor aktor paling utama dalam top out degree yang dimana mempunyai pendistribusian informasi yang saling berkaitan satu sama lain dengan aktor paling utama seperti @jepsanrmc lalu yang kedua ada @muh.diannazarudin lalu yang paling terakhir ada @fadliriyas123 dalam komenan dari Channel Youtube Indonesian Creators yang berjudul Rewind Indonesia 2023.

Network properties adalah Jaringan Wireless adalah jaringan yang mengkoneksi dua komputer atau lebih menggunakan sinyal radio, cocok untuk berbagai-pakai file, printer, atau akses internet.

Tabel 1. Network Properties by Netlytic.org

Network Properties

Diameter

3

Density

0.000108

Reciprocity

0.000000

Contralization

0.000682

Modularity

0.999800

Diameter menghitung langkah terpendek antara jarak terpanjang antara dua peserta jaringan. Langkah ini menunjukkan ukuran jaringan, dengan menghitung jumlah node yang dibutuhkan untuk mendapatkan dari satu sisi ke sisi lain. Netlytic memperoleh hasil diameter dengan dari Channel Youtube Indonesian Creators yang berjudul Rewind Indonesian 2023. sebanyak 3 diameter.

Density (kepadatan) adalah proporsi ikatan yang ada untuk jumlah total ikatan mungkin dalam jaringan. Dengan kata lain, itu dihitung dengan membagi jumlah ikatan yang ada (koneksi) dengan jumlah ikatan yang mungkin. Langkah inimembantu untuk menggambarkan seberapa dekat peserta dalam jaringan. Netlytic memperoleh hasil density dengan nilai 0.000108. Dengan demikian, Netlytic telah memberitahukan bahwa keadaan jaringan tidak banyak.

Reciprocity (timbal balik) adalah proporsi ikatan yang menunjukkan komunikasi dua arah (juga disebut ikatan timbal balik) dalam kaitannya dengan jumlah total ikatan yang ada. Hal ini diukur dengan jumlah ikatan timbal balik dalam kaitannya dengan jumlah total ikatan dalam jaringan (tidak semua ikatan mungkin). Sebuah nilai yang lebih tinggi menunjukkan banyak peserta memiliki dua percakapan, sedangkan nilai timbal balik yang rendah menunjukkan banyak percakapan adalah satu-sisi, sehingga ada sedikit kembali dan sebagainya percakapan. Netlytic memperoleh hasil Reciprocity dengan nilai 0.000000 Reciprocity. Dengan demikian, Netlytic telah memberitahukan bahwa tingkat timbal balik rendah.

Sentralisasi mengukur tingkat sentralitas rata-rata semua node dalam sebuah jaringan. Ketika jaringan memiliki nilai sentralisasi tinggi lebih dekat ke 1, itu menunjukkan ada peserta sentral beberapa yang mendominasi arus informasi dalam jaringan. Jaringan dengan pengukuran rendah sentralisasi lebih dekat ke 0 dianggap didesentralisasikan mana informasi mengalir lebih bebas antara banyak peserta. Netlytic memperoleh hasil Centralization dengan nilai 0.000682 Centralization. Dengan demikian, Netlytic telah memberitahukan bahwa nilai tersebut tergolong rendah karena lebih mendekati angka 0. hal tersebut berarti di dalam network youtube tidak hanya terdiri dari 1 peserta yang menggunakan yang mendominasi tautan tersebut.

Modularitas menentukan apakah cluster ditemukan mewakili masyarakat yang berbeda dalam jaringan. Nilai-nilai yang lebih tinggi menunjukkan berbedaan yang jelas antara masyarakat yang diwakili oleh cluster di Netlytic. Nilai-nilai rendah modularitas, biasanya kurang dari 0.5, menunjukkan bahwa cluster, ditemukan oleh Netlytic, akan tumpang tindih lebih; jaringan lebih cenderung terdiri dari suatu kelompok yang mendominasi. Netlytic memperoleh hasil Modularity dengan nilai 0.999800. Nilai tersebut digolongkan dalam nilai modularitas yang tinggi karena diatas angka 0.5. Nilai-nilai yang lebih tinggi menunjukkan berbedaan yang jelas antara masyarakat yang diwakili oleh cluster di Netlytic. Hal tersebut merupakan hal yang baik karena peserta terdistribusi merata.


4.3    Analisis Sentralitas Jaringan Komunikasi Pada Fenomena Rewind Indonesia 2023 Dengan Model GEPHI

Software Gephi merupakan modul jaringan yang dapat diolah dengan di impor, divisualisasikan, dipetakan, difilter, dimanipulasi dan diekspor di dalam software Gephi tersebut.

Analisis jaringan komunikasi mengkaitkan hubungan sosial dengan teori jaringan yang terdiri dari node dan edge. Node yang merupakan seorang individu/aktor dalam sebuah jaringan, dan edge merupakan hubungan antara node. Penelitian dilakukan dengan memvisualisasikan data interaksi jaringan pendistribusian informasi pada tautan dengan keywords “Rewind Indonesia 2023” pada situs jejaring sosial Youtube dengan menggunakan software Gephi versi 0.10.1. Data divisualisasikan ke dalam sosiogram dimana titik pada gambar disebut “node” atau simpul merepresentasikan seorang individu yang dihubungkan oleh garis yang disebut “edge”. Dua node yang terhubung dinyatakan dengan adanya garis yang menghubungkan keduanya. Semakin tebal garis maka semakin banyak jumlah interkasi yang terjadi antara dua node tersebut.

Dalam mengetahui pola dan interaksi yang terjadi dalam sebuah jaringan, peneliti dapat merepresentasikan jaringan tersebut ke dalam graf, pada jejaring sosial youtube, setiap user akan digambarkan ke dalam sebuah node dan setiap relasi antar node divisualisasikan ke dalam sebuah edge. Relasi seperti mention, reply, dan like pada fitur jejaring sosial youtube dapat mempengaruhi tingkat kepopuleran tersebut. Nilai dari relasi ini dapat disebut juga dengan Sentralitas

Berdasarkan sumber data isi Channel Youtube Indonesian Creators yang berjudul Rewind Indonesia 2023. Akan dapat dianalisis menggunakan metode Social Network Analysis untuk melihat aktor-aktor yang mendistribusikan informasi melalui Gephi.

Gephi yang secara otomatis dapat meringkas dan menemukan pola jaringan komunikasi yang tersedia. Pencarian distribusi Channel Youtube Indonesian Creators yang berjudul Rewind Indonesia 2023. yang diakses pada tanggal 16 Januari 2024 dapat dianalisis menggunakan Gephi. Gephi dapat menghasilkan sebuah pola jaringan untuk mengetahui aktor-aktor yang terdapat pada pendistribusian informasi pada tautan dalam penentuan Centrality. Data berikut menunjukan hasil dari data in-degree, out-degree dan total degree pada aktor yang memiliki kekuatan terbesar dalam pola jaringan tersebut:


4.3.1       Analisis Sentralitas Degree pada Gephi

Gambar 11. Jaringan Degree Komunikasi Gephi

Sumber: Olahan Data Peneliti, 2024

Gambar di atas merupakan salah satu pola jaringan komunikasi pada gephi yang dimana jaringan tersebut merupakan jaringan keseluruhan yang terdapat dalam software gephi dalam pendistribusian informasi pada dari Channel Youtube Indonesian Creators yang berjudul Rewind Indonesia 2023.

Degree merupakan jumlah hubungan suatu node dalam hubungan terhadap node yang lainnya pada suatu network. Degree yang digunakan adalah total degree yang berarti jumlah dari indegree (yang mengenal) dan outdegree (yang dikenal).

Tabel 2. Degree Statistic by Gephi

Label

Degree

@jepsanrmc

15

@muh.diannazarudin

10

@rtpapatnet8097

9

@susu.kambing.jantan.1178

9

@ahmad.herman.cornelius

9

Pada data tabel bisa dilihat tabel yang terdapat @jepsanrmc node yang merupakan aktor yang mendapatkan nilai degree sebanyak 15, yang berarti @jepsanrmc adalah aktor yang paling banyak dimention oleh pola jaringan yang terbentuk dari konten Channel Youtube Indonesian Creators yang berjudul Rewind Indonesia 2023.

Pada data table nodes degree terdapat 5 nodes yaitu @jepsanrmc dengan jumlah degree sebanyak 15, @muh.diannazarudin sebanyak 10, @rtpapatnet8097 sebanyak 9, @susu.kambing.jantan.1178 sebanyak 9 dan @ahmad.herman.cornelius sebanyak 9 yang berarti ke-5 nodes tersebut lebih sering replay atau berkomentar di Channel Youtube Indonesian Creators yang berjudul Rewind Indonesia 2023.

Diketahui aktor-aktor tersebut merupakan pengguna akun pribadi, dimana masing masing aktor tersebut terlibat aktif dalam memberikan opininya mereka tentang video Rewind Indonesia 2023, pada Channel Youtube Indonesian Creators.


4.3.2       Analisis Sentralitas In-Degree pada Gephi

Tabel 3. In-Degree statistic by gephi

Label

In-Degree

@morissambara6760

6

@bellaprsnt978

6

@tim2one

6

@mhd.irzan18

5

@user-uf1vm7fc8c

5

 

Bisa dilihat tabel, terdapat 5 aktor yang yang paling banyak dimention ada @morissambara6760, @bellaprsnt978, @tim2one adalah aktor yang paling banyak dimention oleh pola jaringan dengan jumlah 6 sedangkan @mhd.irzan18 dan @User-uf1vm7fc8c adalah actor yang paling banyak dimention ke dua oleh pola jaringan dengan jumlah 5. Nodes tersebut lebih sering dimention atau disebutkan di Youtube terhadap pendistribusian tautan dari Channel Youtube Indonesian Creators yang berjudul Rewind Indonesia 2023.

Gambar 12. Pola Jaringan In-Degree pada Gephi

Sumber: Olahan data peneliti, 2024

4.3.3       Analisis Sentralitas Out-Degree pada Gephi

Tabel 4. Out-Degree statistic by gephi

Label

Out- Degree

@jepsanrmc

14

@muh.diannazarudin

9

@rtpapatnet8097

8

@susu.kambing.jantan.1178

8

@ahmad.herman.cornelius

8

Gambar 13. Pola Jaringan Out-Degree pada Gephi

Sumber: Olahan Data Peneliti, 2024

Bisa dilihat tabel, terdapat node @jepsanrmc yang merupakan aktor yang mendapatkan nilai out-degree sebanyak 14, yang berarti @ jepsanrmc adalah aktor yang paling banyak me-reply pada Channel Youtube Indonesian Creators yang berjudul rewind Indonesia 2023. Pada data table nodes out-degree terdapat 5 nodes yaitu @jepsanrmc dengan jumlah out-degree sebanyak 14, @muh.diannazarudin sebanyak 9, @rtpapatnet8097, @susu.kambing.jantan.1178 dan @ahmad]d.herman.cornelius sebanyak 8 yang berarti ke-5 nodes tersebut lebih sering me-reply atau menyebutkan pendistribusian tautan Rewind Indonesia 2023.

Pada hasil out-degree dapat ditemukan aktor-aktor terpenting pada tabel 4 bahwa aktor tersebut adalah aktor yang terdistribusi dalam fenomena Rewind Indonesia 2023 yang semua aktornya merupakan pengguna akun pribadi, dimana dalam masing masing perbedaan aktor tersebut menjadi satu dan terlibat aktif dalam memberikan opininya pada Channel Youtube Indonesian creators yang berjudul Rewind Indonesia 2023.

 

4.3.4       Analisis Eigenvector Sentralitas pada Gephi

Eigenvector centrality merupakan pengukuran pentingnya atau berharganya suatu node dalam jaringan sosial. Node ini yang berperan sebagai penghubung bagi individu lainnya yang tidak saling terhubung sebelumnya. Semakin tinggi nilainya (mendekati 1) maka semakin penting pula node tersebut.

Tabel 5. Eigenvector pada Gephi

Label

Eigenvector Centrality

@bellaprsnt978

1.0

@mhd.irzan18

0.849644

@morissambara6760

0.801933

@tim2one

0.801933

@masdwikalem

0.699289

Hasil data tabel pengukuran yang menunjukkan bahwa tautan dengan Channel Youtube Indonesian Creators yang berjudul Rewind Indonesia 2023 memiliki node dengan eigenvector centrality tertinggi yaitu @bellaprsnt978 dengan nilai sempurna (1.0). Dapat disimpulkan bahwa data eigenvector sentralitas @bellaprsnt978 merupakan aktor yang keberadaannya begitu populer sehingga distribusi informasi dengan Channel Youtube Indonesian Creators yang berjudul Rewind Indonesia 2023.

Hasil data tabel pada node @mhd.irzan18, @morissambara6760, dan @tim2one  pada Eigenvector Centrality hanya mendapatkan nilai sebanyak 0.849644 dan 0.801933 nilai tersebut mendekati nilai sempurna yaitu 1.0 maka node @mhd.irzan18, @morissambara6760, dan @tim2one hampir mencapai nilai sempurna. Dapat disimpulkan bahwa pada data Eigenvector Centrality @mhd.irzan18, @morissambara6760, dan @tim2one merupakan aktor yang keberadaannya hampir begitu populer dalam pendistribusian informasi Channel Youtube Indonesian Creators yang berjudul rewind Indonesia 2023.

Hasil data tabel pada node @masdwikalem pada nilai Eigenvector Centrality hanya mendapatkan nilai sebanyak 0.699289 nilai tersebut tidak mendekati nilai sempurna yaitu 1.0 maka node @masdwikalem tidak dapat dianggap sebagai node tertinggi karena kepopuleran node @masdwikalem tidak mencapai nilai sempurna. Dapat disimpulkan bahwa pada data Eigenvector Centrality @masdwikalem merupakan aktor yang keberadaannya tidak begitu populer dalam pendistribusian informasi dari Channel Youtube Indonesian Creators yang berjudul Rewind Indonesia 2023.

Data tabel pada aplikasi gephi dalam Eigenvector Centrality peneliti menyimpulkan bahwa node dengan kepopuleran tertinggi dengan nilai sempurna yaitu 1.0.

Pada penentuan Centrality dalam Eigenvector Centrality dapat memunculkan pola jaringan pada Eigenvector Centrality, pola jaringan ini memperlihatkan nodes yang berhubungan dengan nodes lain. Hasil gambaran pola jaringan pada Eigenvector Centrality sebagai berikut:

Gambar 14. Pola Jaringan Eigenvector Centrality pada Gephi

Sumber: Olahan data peneliti, 2024

Dapat disimpulkan bahwa jika nilai pada eigenvector centrality mendekati angka 1.0, maka semakin banyak juga kenalan pada node tersebut

 

4.3.5       Analisis Betweenness Centrality pada Gephi

Betweeness centrality merupakan pengukuran sentralitas suatu node. Betweeness dapat dimisalkan sebagai simbol “kekuatan” atau “pengaruh” suatu node dalam jejaring sosial. Karena node tersebut sebagai jembatan/penghubung ke node lain. Semakin tinggu nilai nya (mendekati 1) maka semakin penting pula node tersebut.

Tabel 6. Betweenness Centrality pada Gephi

Label

Betweeness Centrality

@hendyadheeva666

5.0

@zuo3522

1.0

@ranmaniax2

1.0

@jepsanrmc

0.0

@muh.diannazarudin

0.0

Hasil pengukuran menunjukkan pendistristribusian dari Channel Youtube Indonesian Creators yang berjudul Rewind Indonesia 2023. memiliki node dengan betweeness centrality tertinggi yaitu @hendyadheeva666 dengan nilai sempurna yaitu 5.0. Dapat disimpulkan bahwa @hendyadheeva666 merupakan sebagai nodes terkuat dalam menghubungkan pendistribusian informasi pendistristribusian mengenai informasi Rewind Indonesia 2023 dari Channel Youtube Indonesian Creators dengan nodes lainnya.

Hasil pengukuran menunjukkan pada Channel Youtube Indonesian Creators yang berjudul Rewind Indonesia 2023 dengan nodes lainnya node @zuo3522 dan @ranmaniax2 dengan nilai 1.0 yang merupakan nilai yang merupakan nilai kurang dari 5.0. Dapat disimpulkan bahwa @zuo3522 dan @ranmaniax2 merupakan nodes yang tidak memiliki pengaruh yang kuat dalam menghubungkan pendistribusian informasi mengenai Rewind Indonesia 2023 dari Channel Youtube Indonesian Creators dengan nodes lainnya.

Hasil pengukuran menunjukkan pada Channel Youtube Indonesian Creators yang berjudul Rewind Indonesia 2023 node @jepsanrmc dan @muh.diannazarudin dengan nilai 0.0 yang merupakan nilai yang merupakan nilai kurang dari 1.0. Dapat disimpulkan bahwa @jepsanrmc dan @muh.diannazarudin merupakan nodes yang tidak memiliki pengaruh dalam menghubungkan pendistribusian informasi dari Channel Youtube Indonesian Creators yang berjudul Rewind Indonesia 2023 dengan nodes lainnya. Hasil gambaran pola jaringan pada Betweeness Centrality sebagai berikut:

Gambar 15. Pola Jaringan Betweenness Centrality pada Gephi

Sumber: Olahan Data Peneliti, 2024

 

4.3.6       Analisis Closeness Centrality pada Gephi

Closeness centrality merupakan pengukuran banyaknya node lain yang dikenal oleh satu node dalam graph, tanpa pertimbangan bahwa node tersebut dekat ataupun mengetahui detil informasi node lain. Semakin tinggi nilai nya (mendekati 1) maka semakin banyak kenalan pula node tersebut

Tabel 7. Closeness Centrality pada Gephi

Closeness Centrality

Jumlah Aktor

1.0

183

0.9 - 0.7

1

0.6 - 0.4

2

0.3 - 0

9301

Hasil data tabel pada Closeness Centrality menunjukan sentralitas kedekatan yang menggambarkan seberapa dekat aktor dengan aktor-aktor lain dalam jaringan sosial. Hasil menunjukkan semua aktor di tabel aktor yang memiliki tingkat kedekatan dengan aktor lainnya. Sehingga mereka memiliki kebebasan dalam berkomunikasi dengan aktor lainnya dalam menginformasikan dari Channel Youtube Indonesian Creators yang berjudul Rewind Indonesia 2023.

Gambar 16. Pola Jaringan Closeness pada Gephi

Sumber: Olahan Data Peneliti, 2024

Gambar di atas merupakan salah satu pola dari clossnes centrality yang dimana dapat dilihat secara keseluruhan dan saling terhubung satu sama lain. Maka closeness merupakan salah satu bagian yang terpenting dalam pendistribusian informasi dari Channel Youtube Indonesian Creators yang berjudul Rewind Indonesia 2023.

 

4.4    Analisis Pembentukan Digital Opinion Pada Channel Youtube Indonesian Creators yang berjudul Rewind Indonesia 2023

Internet merupakan suatu jaringan untuk menghubungkan ke komputer yang memudahkan penggunanya untuk mentransfer data atau suatu informasi melalui sebuah bentuk protokol transmisi berdasarkan sistem pengalamanan data. Pada pendistribusian informasi pada komenan dan balasan tentu adanya pendistribusian informasi yang menghasilkan sebuah pola jaringan yang direpresentasikan pada aplikasi Netlytic. Berdasarkan hasil temuan pada Netlytic ditemukan total massages 10000.  Dengan hal ini ditemukan 5 cluster berdasarkan pada akun muh.diannazarudin, jepsanrmc, ahmad.herman.cornelius, rtpapatnet8097, dan susu.kambing.jantan. Jika ditelusuri kembali topik paling sering dibicarakan yaitu keren, rewind, Indonesia dan masih banyak lagi lainnya.

Gambar 17. Data set

Sumber: Olahan Data Peneliti, 2024

Pada gambar tersebut menunjukkan beberapa konten yang terkait dengan komen yang dimana Konsep digitalnya yang dibangun melalui media sosial youtube konsep opini publik. Berikut ini beberapa yang ditemukan oleh peneliti sebagai berikut:

 

4.4.1       Analisis Jaringan Keyword “Keren” pada Netlytic

Pada keyword “keren” merupakan suatu upaya dari publik dalam dari Channel Indonesian Creators yang berjudul Rewind Indonesia 2023. Komentar tersebut dilakukan oleh @teraariyana725, @riqagusti, @fahriahmadfadil6587 dan masih banyak yang lainnya. Akun-akun tersebut merupakan pengguna youtube yang aktif dalam memberikan opininya pada kolom komentar. Netlytic mendapatkan 3197 postingan komentar.

Gambar 18. Data yang Berkaitan dengan “Keren”

Sumber: Olahan Data Peneliti, 2024

Dapat dilihat pada gambar di atas merupakan salah satu dari banyaknya topik yang sedang dibicarakan oleh publik terhadap topik “keren” di media youtube. Komunikasi bermedia pada saat ini mempermudah penggunanya untuk memberikan opini yang bergerak sangat cepat dalam fenomena Rewind Indonesia 2023 dari Channel Youtube Indonesian Creators.

 

4.4.2       Analisis Jaringan Keyword “Rewind” pada Netlytic

Pengguna akun youtube banyak yang memberikan opini mengenai “rewind” yang dimana Netlytic berhasil menemukan 1337 postingan yang ditemukan pada netlytic dari berbagai pengguna akun di media sosial youtube.

Gambar 19. data yang Berkaitan dengan “Rewind”

Sumber: Olahan Data Peneliti, 2024

Pada gambar di atas dapat dilihat berbagai akun dan kalangan ikut serta memberikan masing masing opininya salah satu contohnya pada tanggal 13 Januari 2024 dalam pengguna akun @teraariyana memberikan opini mengenai “Keren banget, mau nangis liat ketidak Adilan karena kuasa šŸ„² Terima Kasih untuk seluruh team yang terlibat dalam Rewind Indonesia 2023. Semoga 2024 Indonesia bisa jauh lebih baik. Salam demokrasi!”. Dengan hal ini Komunikasi membuat publik dapat memberikan opini dan opini tersebut menunjukan memihak terhadap martabak tersebut yang berkaitan di media sosial youtube


4.4.3       Analisis Jaringan Keyword “Indonesia” pada Netlytic

Banyak yang berkomen memberikan opini mengenai “lord”. Dengan hal ini Netlytic menemukan 1164 postingan dan ditemukan pada Netlytic dari berbagai akun.

Gambar 20. Data yang Berkaitan dengan “Indonesia”

Sumber: Olahan Data Peneliti, 2024

 

4.5    Kesimpulan

Pada analisis jaringan sosial yang menggunakan data dari komentar YouTube Indonesian Creators yang berjudul Rewind Indonesia 2023. menggunakan Netlytic dan Gephi, ditemukan beberapa aktor yang memiliki peranan penting dan pengaruh pada jaringan tersebut. Eigenvector centrality dari jaringan ini adalah akun @bellaprsnt978. Lalu, aktor yang berperan sebagai jembatan antar aktor adalah @morissambara6760.

            Beberapa komentar yang dilontarkan publik juga dapat ditelusuri. Kebanyakan dari mereka menggunakan kata keren, rewind, Indonesia. Komentarnya berupa tanggapan dan opini mereka terhadap video Rewind Indonesia 2023. Dapat dikatakan, komentar mereka juga menjadi opini publik dari komentar YouTube Indonesian Creators yang berjudul Rewind Indonesia 2023. 

Komentar

Postingan Populer