M5 Netlytic

 Visualisasi Jaringan Komunikasi Netlytic

Analisis jaringan komunikasi berkaitan dengan hubungan sosial menggunakan teori jaringan yang terdiri dari node dan edge. Node yang merupakan seorang individu/aktor dalam sebuah jaringan, dan edge merupakan hubungan antara node. Dalam mengetahui pola dan interaksi yang terjadi dalam sebuah jaringan, peneliti dapat merepresentasikan jaringan tersebut ke dalam graf, pada jejaring sosial youtube, setiap user akan digambarkan ke dalam sebuah node dan setiap relasi antar node divisualisasikan ke dalam sebuah edge.

Relasi seperti komentar dan like pada fitur jejaring sosial youtube dapat mempengaruhi tingkat kepopuleran tersebut. Nilai dari relasi ini dapat disebut juga dengan Sentralitas. Berdasarkan sumber data, Channel Youtube Sekretariat Presiden yang berjudul Sambutan Presiden Jokowi pada IKN: Sejarah Baru Peradaban Baru, 18 Oktober 2022 akan dianalisis menggunakan metode Social Network Analysis untuk melihat aktor-aktor yang mendistribusikan informasi melalui Netlytic.

Jaringan Sosial Netlytic yang secara otomatis dapat meringkas dan menemukan jaringan komunikasi sosial yang tersedia. Pencarian distribusi informasi mengenai Channel Youtube Sekretariat Presiden yang berjudul Sambutan Presiden Jokowi pada IKN: Sejarah Baru Peradaban Baru, 18 Oktober 2022 dapat dianalisis menggunakan Netlytic karena terdapat 5936 dataset yang dapat di recall oleh Netlytic, dari dataset tersebut maka menghasilkan pola jaringan seperti berikut:

Jika dilihat dari banyaknya node dan edge pada gambar tersebut, aktor utama dengan kepopuleran tertinggi yaitu pada akun @nabilchoiri2269. Netlytic terbukti dapat memperlihatkan node atau aktor-aktor utama yang terkuat dalam mendistribusikan informasi pada jejaring sosial youtbe melalui pola jaringan. 


Visual Jaringan Komunikasi

Pada gambar di atas bahwa keberadaan @nabilchoiri2269 pada data di aplikasi Netlytic terbukti bahwa aktor tersebut merupakan aktor penting dalam pendistribusian informasi dari Channel Youtube Sekretariat Presiden yang berjudul Sambutan Presiden Jokowi pada IKN: Sejarah Baru Peradaban Baru, 18 Oktober 2022.

Cluster 1



Cluster 2



Cluster 3



Cluster 4



Cluster 5



Other



Data Post Over Time



Top 10 Posters



Top 10 Users In-Degree


Top 10 Users Out-Degree








Komentar

Postingan Populer